Selasa, 13 Oktober 2020

Inheritance

Inheritance

Apa sih Inheritance itu ? Mungkin untuk orang yang sudah masuk dalam bidang IT sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Oke kita langsung masuk ke pembahasannya. 


Inheritance adalah konsep pemrograman dimana sebuah class dapat ‘menurunkanproperty dan method yang dimilikinya kepada class lain. Pada dasarnya,inheritance merupakan fitur penting dari OOP, yang merupakan suatu bentuk software reuse dimana class memanfaatkan anggota (atribut&method) class yang telah ada. Pada saat membuat suatu class baru, user atau programmer dapat mendesain class tersebut sedemikian rupa agar menuruni sifat anggota class yang telah ada.

Untuk menggunakan inheritance, maka dibutuhkan keyword extends. Cara penulisannya adalah sebagai berikut :


class namaSubClass extends namaSuperClass       
    {          
//definisi kelas       
   }


 Emangnya apa sih manfaatnya menggunakan Inheritance ini.. ???

  • Bersifat Reuseable  
 Apabila memerlukan beberapa kelas yang berasal dari basis yang sama (data dan method yang sama), namun pada masing-masing kelas akan ditambahkan data atau method tambahan. Dengan menggunakan inheritance, cukup mengambil data atau method pada class induknya dan memberikan beberapa tambahan data atau method pada class anaknya apabila diperlukan. 


  • Kemudahan dalam memanage kelas yang dimiliki data dan method yang sama  
 Bila anda ingin memodifikasi suatu data atau method pada semua subclass, tidak perlu melakukan perubahan pada masing-masing kelas pada subclass. Cukup melakukan perubahan data atau method pada kelas super(superclass) yang mewarisi subclass tersebut. 
Sekian semoga mengerti apa yang Adminpli katakan yak :)
Previous Post
First

0 komentar: