Senin, 09 November 2020

Tugas II : Aplikasi Sistem Cerdas

1.    Jelaskan komponen-komponen apa saja yang diperlukan untuk mengaplikasikan kecerdasan buatan!
  • Antarmuka Pengguna (User Interface) : Merupakan mekanisme yang digunakan oleh pengguna dan sistem pakar untuk berkomunikasi. Antarmuka menerima informasi dari pemakai dan mengubahnya    ke dalam bentuk yang dapat diterima oleh sistem. Selain itu antarmuka menerima dari sistem dan menyajikannya ke dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemakai. 
  • Basis Pengetahuan : Basis pengetahuan mengandung pengetahuan untuk pemahaman, formulasi, dan penyelesaian masalah. 
  • Akuisisi Pengetahuan (Knowledge Acquisition) : Akuisisi pengetahuan adalah akumulasi, transfer, dan transformasi keahlian dalam menyelesaikan masalah dari sumber pengetahuan ke dalam program komputer. Dalam tahap ini knowledge engineer berusaha menyerap pengetahuan untuk selanjutnya ditransfer ke dalam basis pengetahuan. 
  • Mesin/Motor Inferensi (inference engine) : Mesin inferensi adalah program komputer yang memberikan metodologi untuk penalaran tentang informasi yang ada dalam basis pengetahuan dan dalam workplace, dan untuk memformulasikan kesimpulan. 
  • Workplace / Blackboard : Workplace merupakan area dari sekumpulan memori kerja (working memory), digunakan untuk merekam kejadian yang sedang berlangsung termasuk keputusan sementara. 
2.    Jelaskan pengaplikasian kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari! Berikan contohnya!
  •  Rekomendasi E-Commerce

ketika kita melakukan pencarian produk, pembelian produk dan kita sudah melihat produk apa saja. Data tersebutlah yang akan diproses dari konsep AI yaitu data mining sehingga AI akan merekomendasikan produk-produk yang pas buat kita.

  •  Asisten Virtual

ada banyak penyedia asisten virtual seperti Google assistant, Siri atau Alexa. Seperti asisten pada umumnya, asisten virtual ini juga bisa diajak berinteraksi. Selain itu asisten virtual dapat mencatat kapan kita ada janji atau acara dan memberikan informasi ketika waktu acara yang ditentukan segera tiba.

  •  Mobil Tanpa Pengemudi

Teknologi ini dilengkapi AI dan beberapa sensor sehingga dapat mendeteksi dan menghindari beberapa halangan. Selain itu mobil akan bergerak sesuai jalur yang kita pilih dan pastinya akan mematuhi rambu-rambu lalu-lintas. 

3.    Mengapa kecerdasan buatan digunakan untuk membantu kegiatan manusia? Jelaskan!

Untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Previous Post
Next Post